Pages

Kamis, 22 Desember 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )



STATUS PENDIDIKAN      : SMA NEGERI 1 GEBOG KUDUS
KELAS                                   : XI ( Sebelas )
SEMESTER                            : 1 ( Satu )
PROGRAM                            : IPS
MATA PELAJARAN            : Sosiologi
JUMLAH PERTEMUAN      : 1 X Pertemuan

A.    STANDAR KOMPETENSI        :
Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan  mobilitas sosial.
B.     KOMPETENSI DASAR             :
Mendiskripsikan faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat. 
C.     INDIKATOR                               :
1.      Mendiskripsikan pengertian konflik.
2.      Mengidentifikasi  faktor-faktor penyebab konflik sosial.
3.      Mengklasifikasikan bentuk-bentuk konflik
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN     :
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.      Mendiskripsikan pengertian konflik.
2.      Menjelaskan faktor-faktor penyebab konflik sosial.
3.      Mengelompokan bentuk-bentuk konflik.
E.     MATERI PEMBELAJARAN     :
1.      Pengertian Konflik.
2.      Faktor - faktor Penyebab Konflik Sosial.
3.      Mengelompokan bentuk-bentuk konflik
F.      ALOKASI WAKTU                    : 2 x 45 menit
G.    MODEL PEMBELAJARAN      : Cooperative Script (Skrip Kooperatif)

H.    KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.      Pendahuluan    :
 Memeriksa kehadiran siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
a.      Apersepsi   : Guru mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang pengertian dan faktor-faktor  penyebab   konflik sosial yang ada didalam masyarakat .
b.      Motivasi     : Menyampaikan tujuan dan kegunaan mempelajari konflik sosial
c.      Menyampaikan kompetensi yang akan di capai
d.     Menyampaikan cakupan materi

2.      Kegiatan Inti   :
a.      Eksplorasi  :
1.      Sebelum di jelaskan oleh guru tentang konflik, terlebih dahulu guru menggali pengetahuan siswa topik Konflik yang akan dipelajari dengan menggunakan aneka sumber.
2.      Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya

b.     Konfirmasi :
Melakukan diskusi dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1.      Siswa dikelompokkan menjadi kelompok berpasangan 2 orang yaitu dengan teman sebangkunya.
2.      Menugaskan salah satu siswa dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya
3.      Menugaskan siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
4.      Pembahasan, guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa.
c.      Konfirmasi
1.      Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2.      Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
3.      Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
4.      Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

3.      Penutup                       :
a.      Merangkum            : Siswa di harapkan mencatat materi yang di sampaikan oleh guru.
b.     Melakukan refleksi           
c.      Umpan Balik: Guru memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai materi yang telah di jelaskan dan dari kegiatan tanya jawab tersebut maka akan di ketahui apakah materi tentang konflik sudah sesuai dengan tujuan awal atau belum.
d.     Tindak Lanjut
I.       METODE PEMBELAJARAN    :
1.      Diskusi Kelompok
2.      Ceramah
3.      Tanya Jawab
4.      Penugasan Individu dan Kelompok
J.       MEDIA PEMBELAJARAN                   : Gambar Konflik Sosial
K.    SUMBER BAHAN                                  :
a.       Sosiologi Paket Kelas XI
b.      Sosiologi Suatu Pengantar
c.       Gambar, Foto, Film Dokumenter
d.      Media massa : cetak dan elektronik
L.     PENILAIAN                                :
1.     Teknik                        : tes tertulis
2.     Bentuk Instrumen        : tes uraian
3.     Diskusi Kelompok

Kudus, 15 Desember 2011

Mengetahui,
Kepala SMAN 1 Gebog Kudus                                              Guru  mata pelajaran


……………………………                                                  …………………….
NIP:                                                                                     NIP:

0 komentar:

Posting Komentar