Satuan Pendidikan | : | SMA N 1 Pontianak |
Mata Pelajaran | : | SOSIOLOGI |
Kelas / semester | : | XI IPS/ 1 |
Alokasi waktu | : | |
Standar kompetensi | : | Mendeskripsikan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural |
Kompetensi dasar | : | Mendesripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural |
Indikator | : | · Mendeskripsikan interseksi · Mendeskripsikan konsolidasi · Mendeskripsikan mutual akulturasi · Mendeskripsikan stereotip etnis · Mendeskripsikan etnosentrisme · Mendeskripsikan politik aliran |
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mendeskripsikan interseksi.
2. Siswa dapat mengidentifikasi konsolidasi.
3. Siswa dapat mendeskripsikan mutual akulturasi.
4. Siswa dapat mendeskripsikan stereotip etnis.
5. Siswa dapat mendeskripsikan etnosentrisme.
6. Siswa dapat mendeskripsikan politik aliran.
B. Materi Pokok / Pembelajaran : Konsekuensi Masyarakat Multikultural
C. Metode Pembelajaran : Diskusi kelompok, role play, jigsaw
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu masyarakat multicultural.
· Menginformasikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kali ini yaitu mendiskusikan tentang interseksi
2. Kegiatan Inti (115’)
· Eksplorasi
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
2. Masing-masing kelompok mengkaji tentang interseksi
3. Kelompok 1 mengkaji tentang pengertian interseksi
4. Kelompok 2 mengkaji tentang dampak interseksi
5. Kelompok 3 mengkaji tentang saluran interseksi melalui perdagangan
6. Kelompok 4 mengkaji tentang saluran interseksi melalui perindustrian
7. Kelompok 5 mengkaji tentang saluran interseksi melalui pendidikan
8. Kelompok 6 mengkaji tentang saluran interseksi melalui politik
· Elaborasi
1. Beberapa kelompok mempresentasikan materi interseksi sesuai dengan tugas yang diberikan.
2. Kelompok lain memperhatikan presentasi dan mempersiapkan kritik dan saran.
· Konfirmasi : Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan tanggapan terhadap komentar siswa dalam diskusi kelompok.
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
· Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran.
Pertemuan 2 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu interseksi.
· Menginformasikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kali ini yaitu mendiskusikan tentang konsolidasi.
2. Kegiatan Inti (115’)
· Eksplorasi
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
2. Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang konsolidasi
· Elaborasi : Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
· Konfirmasi : Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang tidak tepat.
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Masing-masing kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi mereka memberikan kesimpulan.
· Memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipresentasikan untuk menambah pemahaman siswa.
Pertemuan 3 (1 JP)
1. Kegiatan Awal (5’)
· Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu konsolidasi.
· Menginformasikan tujuan pembelajaran kali ini yaitu mendiskusikan tentang mutual akulturasi.
2. Kegiatan Inti (30’)
· Eksplorasi
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
2. Masing-masing kelompok mediskusikan tentang mutual akulturasi
· Elaborasi
1. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
2. Kelompok lain menanggapi dengan memberikan pertanyaan dan sanggahan
· Konfirmasi : Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang tidak tepat
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Masing-masing kelompok yang telah mempresetasikan hasil diskusinya memberikan kesimpulan.
· Memberikan penguatan terhadap materi yang telah dibahas melalui diskusi kelompok
Pertemuan 4 (2 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu tentang mutual akulturasi.
· Menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu tentang stereotip etnis.
2. Kegiatan Inti (70’)
· Eksplorasi
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
2. Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang stereotip etnis
· Elaborasi
1. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
2. Kelompok lain menanggapi dengan memberikan pernyataan dan sanggahan
· Konfirmasi : Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang tidak tepat.
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Masing-masing kelompok yang telah mempresetasikan hasil diskusinya memberikan kesimpulan
· Memberikan penguatan terhadap materi yang telah dibahas melalui diskusi kelompok
Pertemuan 5 (2 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu stereotip etnis
· Menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu tentang etnosentrisme
2. Kegiatan Inti (70’)
· Eksplorasi
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
2. Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang etnosentrisme
3. Adapun materi yang didiskusikan:
a. Definisi etnosentrisme
b. Kepribadian dan etnosentrisme
c. Pengaruh etnosentrisme
· Elaborasi
1. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
2. Kelompok lain menanggapi dengan memberikan pernyataan dan sanggahan
· Konfirmasi : Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang tidak tepat
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Masing-masing kelompok yang telah mempresetasikan hasil diskusinya memberikan kesimpulan.
· Memberikan penguatan terhadap materi yang telah dibahas melalui diskusi kelompok.
Pertemuan 6 (1 JP)
1. Kegiatan Awal (5’)
· Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu etnosentrisme
· Menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu tentang politik aliran
2. Kegiatan Inti (30’)
· Eksplorasi
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
2. Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang politik aliran
3. Adapun materi yang didiskusikan:
a. Golongan priyayi
b. Golongan abangan
c. Golongan santri
· Elaborasi
1. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
2. Kelompok lain menanggapi dengan memberikan pernyataan dan sanggahan
· Konfirmasi : Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang tidak tepat
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Masing-masing kelompok yang telah mempresetasikan hasil diskusinya memberikan kesimpulan.
· Memberikan penguatan terhadap materi yang telah dibahas melalui diskusi kelompok.
E. Alat, bahan dan sumber belajar
· Wikipedia ensiklopedi, Sosiologi suatu pengantar (Soerjono Seokanto), Sosiologi (Paul B Horton dan Charles L Hunt).
· Sumber dari artikel, internet dan bahan lain yang relevan.
F. Penilaian
Penilaian Performans
· Performans tentang konsekuensi masyarakat multikultural
· Aspek yang dinilai:
1. Kecakapan akademis
2. Kecakapan sosial
Pedoman Penskoran:
No. | Aspek Yang Dinilai | Kriteria |
1. | 1. Kecakapan akademis · Penguasaan materi | Skor 5, jika penguasaan materi sangat baik Skor 4, jika penguasaan materi baik Skor 3, jika penguasaan materi sedang Skor 2, jika penguasaan materi kurang Skor 1, jika penguasaan materi sangat kurang |
· Pengembangan konsep | Skor 5, jika mampu mengembangkan konsep dengan sangat baik Skor 4, jika mampu mengembangkan konsep dengan baik Skor 3, jika cukup pengembangan konsepnya Skor 2, jika kurang pengembangan konsepnya Skor 1, jika sangat kurang pengembangan konsepnya | |
2. | Kecakapan sosial · Penghayatan peran | Skor 5, jika penghayatan peran sangat baik Skor 4, jika penghayatan peran baik Skor 3, jika penghayatan peran cukup Skor 2, jika penghayatan peran kurang Skor 1, jika penghayatan peran sangat kurang |
· Intonasi suara | Skor 5, jika intonasi suara sangat baik pada saat penampilan Skor 4, jika intonasi suara baik pada saat penampilan Skor 3, jika intonasi suara cukup pada saat penampilan Skor 2, jika intonasi suara kurang pada saat penampilan Skor 1, jika intonasi suara sangat kurang pada saat penampilan | |
· Ekspresi | Skor 5, jika ekspresi sangat baik Skor 4, jika ekspresi baik Skor 3, jika ekspresi cukup Skor 2, jika ekspresi kelompok kurang Skor 1, jika ekspresi sangat kurang |
FORMAT PENILAIAN PERFORMANS TENTANG KONSEKUENSI MASYARAKAT MULTIKULTURAL
No. | Nama Siswa | Kecakapan Akademis | Kecakapan Sosial | |||
Penguasaan Konsep | Pengembangan Konsep | Penghayatan peran | Intonasi suara | ekspresi | ||
1. | ||||||
2. | ||||||
3. | ||||||
4. | ||||||
5. | ||||||
6. | ||||||
7. | ||||||
8. |
Pontianak, 1 Januari 2012
Mengetahui,
Kepala SMA N 1 Pontianak Guru mata pelajaran
………………………….. ………………………….
NIP: NIP:
0 komentar:
Posting Komentar