Pages

Senin, 02 Januari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan     
:
SMA N 1 Gebog Kudus
Mata Pelajaran
:
Sosiologi
Kelas / semester
:
XI IPS / 2
Alokasi waktu
:
15 x 45 menit


Standar kompetensi
:
Mendeskripsikan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
Kompetensi dasar
:
Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
Indikator
:

  •  Mendefinisikan kelompok  sosial
  •  Mendeskripsikan syarat terbentuknya kelompok sosial
  •  Mengidentifikasi macam-macam kelompok sosial
  •  Mengidentifikasi kelompok sosial yang tidak teratur
  •  Mendeskripsikan masyarakat setempat

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pemebelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      mendeskripsikan kelompok sosial
2.      mendeskripsikan syarat terbentuknya kelompok sosial
3.      mengidentifikasi macam-macam kelompok sosial
4.      mengidentifikasi kelompok sosial yang tidak teratur
5.      mendeskripsikan masyarakat setempat
B.  Materi Pokok / Pembelajaran         : Kelompok Sosial
C.  Metode Pembelajaran                    : Diskusi kelompok, role play, quantum learning, problem solving.
D.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 JP)                      
1.    Kegiatan Awal (10’)
· Menginformasikan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator serta materi pokok yang akan dipelajari di kelas XI IPS
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu mendeskripsikan kelompok sosial sosial
2.    Kegiatan Inti (70’)
·      Eksplorasi
ØSiswa secara berkelompok mendiskusikan definisi kelompok sosial
ØMasing-masing kelompok memberikan contoh kelompok sosial
·      Elaborasi
ØBeberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang definisi kelompok sosial
·      Konfirmasi
ØGuru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
ØKelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3.    Kegiatan Akhir (10’)
· Memberi postest kepada siswa secara lisan untuk menggugah ingatan siswa terahadap materi pelajaran
· Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari
Pertemuan 2 (1 JP)
1.    Kegiatan Awal (5’)
· Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran yang lalu untuk mengulang kembali materi yang telah diajarkan
·   Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu mengkaji tentang proses terbentuknya kelompok sosial
2.    Kegiatan Inti (30’)
·      Eksplorasi
ØSiswa dibagi menjadi beberapa kelompok
ØTiap-tiap kelompok mendiskusikan tentang proses terbentuknya kelompok sosial
·      Elaborasi
ØBeberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi
·      Konfirmasi
ØGuru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang proses terbentuknya kelompok sosial
ØGuru memberikan koreksi terhadap diskusi yang tidak relevan dengan konsep proses terbentuknya kelompok sosial
3.    Kegiatan Akhir (10’)
· Memberikan pertanyaan postes tentang materi yang telah dipelajari
· Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran pada pertemuan ini
Pertemuan 3 (3 JP)
1.    Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran yang lalu yaitu konsep proses terbentuknya kelompok sosial
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu mengkaji tentang syarat terbentuknya kelompok sosial
2.    Kegiatan Inti (115’)
·      Eksplorasi
ØSiswa dibagi menjadi beberapa kelompok
ØTiap-tiap kelompok berdiskusi untuk membuat performans tentang syarat terbentuknya kelompok sosial
ØKelompok   1 menampilkan tentang terbentuknya kelompok karena persamaan nasib
ØKelompok 2 menampilkan tentang terbentuknya kelompok karena persamaan kepentingan
ØKelompok  3 menampilkan tentang terbentuknya kelompok karena persamaan tujuan
ØKelompok 4 menampilkan tentang terbentuknya kelompok karena persamaan ideologi politik
ØKelompok  5 menampilkan tentang terbentuknya kelompok karena persamaan musuh
·      Elaborasi
ØSiswa secara berkelompok menampilkan performans dari syarat terbentuknya kelompok yang telah ditetapkan
ØSiswa dari kelompok lain memperhatikan performans yang ditampilkan
·      Konfirmasi
ØGuru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang syarat terbentuknya kelompok
ØGuru memberikan koreksi terhadap performans yang tidak relevan dengan materi
3.    Kegiatan Akhir (10’)
· Mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan
· Meminta beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
Pertemuan 4 (3 JP)
1.    Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran yang lalu untuk mengulang kembali materi yang telah diajarkan
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu klasifikasi kelompok sosial
2.    Kegiatan Inti (115’)
·      Eksplorasi
ØSiswa dibagi menjadi beberapa kelompok
ØTiap-tiap kelompok berdiskusi untuk membuat performans tentang syarat klasifikasi kelompok sosial
ØKelompok 1 menampilkan tentang klasifikasi kelompok berdasarkan besar kecilnya anggota kelompok
ØKelompok 2 menampilkan tentang klasifikasi kelompok berdasarkan derajat interaksi dalam kelompok
ØKelompok 3 menampilkan tentang klasifikasi kelompok berdasarkan kepentingan dan wilayah
ØKelompok 4 menampilkan tentang klasifikasi kelompok berdasarkan kelangsungan kepentingan
ØKelompok 5 menampilkan tentang klasifikasi kelompok berdasarkan derajat organisasi
·      Elaborasi
ØMasing-masing kelompok menampilkan performans tentang klasifikasi kelompok sosial
ØKelompok lain memperhatikan performans dan memberikan kritik dan saran kepada kelompok yang tampil
·      Konfirmasi
ØGuru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang klasifikasi kelompok sosial
ØGuru memberikan koreksi terhadap performans yang tidak relevan dengan klasifikasi kelompok sosial
3.    Kegiatan Akhir (10’)
· Mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan
· Meminta beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
Pertemuan 5 (3 JP)
1.    Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan kesempatan kepada siswa membaca materi pelajaran pada pertemuan yang lalu
· Memberikan beberapa pertanyaan untuk mengulang materi yang telah diajarkan
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu melanjutkan klasifikasi kelompok sosial
2.    Kegiatan Inti (115’)
·      Eksplorasi
ØSiswa dibagi menjadi beberapa kelompok
ØMasing-masing kelompok mempersiapkan performans tentang klasifikasi kelompok sosial
ØKelompok 1 mengkaji tentang kelompok dari sudut pandang individu
ØKelompok 2 mengkaji tentang ingroup
ØKelompok 3 mengkaji tentang outgroup
ØKelompok 4 mengkaji tentang kelompok primer
ØKelompok 5 mengkaji tentang kelompok sekunder
ØKelompok 6 mengkaji tentang paguyuban
ØKelompok 7 mengkaji tentang patembayan
ØKelompok 8 mengkaji tentang formal group
·      Elaborasi
ØSecara bergantian tiap-tiap kelompok menampilkan performans berupa parodi atau drama singkat
ØKelompok lain memberikan tanggapan terhadap performans dari suatu kelompok
·      Konfirmasi
ØGuru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang klasifikasi kelompok sosial
ØGuru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran
3.    Kegiatan Akhir (10’)
· Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
· Menunjuk beberapa orang siswa untuk memberikan kesimpulan materi yang telah diajarkan
Pertemuan 6 (3 JP)
1.    Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan beberapa pertanyaan untuk mengulang materi yang telah diajarkan
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu kelompok sosial yang tidak teratur
2.    Kegiatan Inti (115’)
·      Eksplorasi
ØSiswa dibagi menjadi beberapa kelompok
ØGuru membagikan kartu soal kepada masing-masing kelompok, masing-masing kelompok mendapatkan tugas untuk membuat performans tentang bentuk-bentuk stratifikasi sosial
ØKelompok 1 mengkaji tentang formal audience
ØKelompok 2 mengkaji tentang inconvenient aggregations
ØKelompok 3 mengkaji tentang panic crowds
ØKelompok 4 mengkaji tentang spectator crowds
ØKelompok 5 mengkaji tentang acting mobs
ØKelompok 6 mengkaji tentang publik
ØKelompok 7 mengkaji tentang masyarakat setempat
·      Elaborasi
ØSecara bergantian tiap-tiap kelompok menampilkan performans tentang kelompok sosial yang tidak teratur
ØKelompok lain memberikan tanggapan terhadap performans dari suatu kelompok
·      Konfirmasi
ØGuru memberikan tanggapan terhadap presentasi dari siswa
ØGuru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran
3.    Kegiatan Akhir (10’)
·         Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang kelompok sosial yang tidak teratur
·         Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran
E.   Sumber belajar
·         Wikipedia ensiklopedi, Sosiologi suatu pengantar (Soerjono Seokanto),  Sosiologi (Paul B Horton dan Charles L Hunt)
·         Sumber dari artikel, internet dan bahan lain yang relevan    
F.   Penilaian Penilaian Performans
·         Performans tentang struktur sosial
·         Aspek yang dinilai:
·         Kecakapan akademis
·         Kecakapan sosial
·         Pedoman penskoran:
No.
Aspek Yang Dinilai
Kriteria
1.
1.   Kecakapan akademis
·         Penguasaan materi
Skor 5, jika penguasaan materi sangat baik
Skor 4, jika penguasaan materi baik
Skor 3, jika penguasaan materi sedang
Skor 2, jika penguasaan materi kurang
Skor 1, jika penguasaan materi sangat kurang

·         Pengembangan konsep
Skor 5, jika mampu mengembangkan konsep dengan sangat baik
Skor 4, jika mampu mengembangkan konsep dengan baik
Skor 3, jika cukup pengembangan konsepnya
Skor 2, jika kurang pengembangan konsepnya
Skor 1, jika sangat kurang pengembangan konsepnya
2.
Kecakapan sosial
·         Penghayatan peran
Skor 5, jika penghayatan peran sangat baik
Skor 4, jika penghayatan peran baik
Skor 3, jika penghayatan peran cukup
Skor 2, jika penghayatan peran kurang
Skor 1, jika penghayatan peran sangat kurang

·         Intonasi suara
Skor 5, jika intonasi suara sangat baik pada saat penampilan
Skor 4, jika intonasi suara baik pada saat penampilan
Skor 3, jika intonasi suara cukup pada saat penampilan
Skor 2, jika intonasi suara kurang pada saat penampilan
Skor 1, jika intonasi suara sangat kurang pada saat penampilan

·         Ekspresi
Skor 5, jika ekspresi sangat baik
Skor 4, jika ekspresi baik
Skor 3, jika ekspresi cukup
Skor 2, jika ekspresi kelompok kurang
Skor 1, jika ekspresi sangat kurang
FORMAT PENILAIAN PERFORMANS TENTANG KELOMPOK SOSIAL
No.
Aspek Yang Dinilai
Nama
Siswa
Kecakapan Akademis
Kecakapan Sosial
Penguasaan Konsep
Pengembangan Konsep
Penghayatan peran
Intonasi suara
ekspresi
1.






2.






3.






4.






5.






6.






7.






8.






                                                                                            Kudus, 2Januari 2012
           Mengetahui,       
Kepala SMA N 1 Gebog Kudus                                              Guru  mata pelajaran


……………………………                                                               ……………………..............
NIP:                                                                                      NIP:                                            

0 komentar:

Posting Komentar